Parahyangan Media and Diplomacy Festival (PMDF) 2016

PMDF_

Parahyangan Media and Diplomacy Festival (PMDF), sebuah kegiatan yang dilaksanakan oleh Program Studi Ilmu Hubungan Internasional bekerja sama dengan Warta Himahi, yaitu organisasi internal himpunan yang bergerak di bidang media terutama jurnalistik. Pada kesempatan kali ini PMDF dilaksanakan pada Jumat, 13 Mei 2016 bertempat di audio visual FISIP UNPAR. Tema yang diangkat berfokus kepada seberapa pentingnya peran media dalam diplomasi. Media dan dDSC00619iplomasi merupakan dua variabel yang saling terikat dan tidak bisa lepas dari kehidupan sehari-hari. Dengan adanya PMDF, diharapkan masyarakat jadi memiliki wadah untuk menampung aspirasi, pendapatnya, dan juga minat dalam bidang media dan tulis menulis, serta agar lebih bijak menggunakan media sebagai instrumen dalam diplomasi.

Serangkaian acara dalam PMDF sendiri meliputi lomba tulis esai yang bertema “Media As An Instrument of DiplomaDSC00697cy” sebagai bagian dari Pra event yang dilaksanakan sejak Februari, dan main event pada tanggal 13 Mei 2016 yang mana konten acaranya berupa presentasi dari enam finalis esai terbaik yang akan disaring kembali kedalam tiga pemenang. Adapun enam finalis yang berhasil maju ke babak selanjutnya adalah peserta yang berasal dari Universitas Indonesia, Universitas Semarang, Universitas Muhammadyah Yogyakarta, dan Universitas Katolik Parahyangan.

Acara berikutnya diisi oleh talkshow yang bertemakan “Media As An Instrument of Diplomacy” yang menghadirkan dua narasumber, yakni Desi Anwar  (News anchor dan direktur utama dari CNN Indonesia) dan Marvin Sulistio (News anchor Metro TV). Sesi kedua dilanjutkan dengan seminar dengan tema “The Role of Media and Diplomacy in Indonesia’s Foreign Policy” yang fokus dalam membahas peran media dan diplomasi pada pembuatan atau pengimplementasian politik luar negeri di Indonesia. Sesi seminar ini disampaikan secara komprehensif dan sistematis oleh Bapak Duta Besar Teiseran Foun Cornelis, selaku mantan Duta Besar Indonesia untuk Kuba dan Fungsional Utama Direktorat Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik Kementrian Luar Negeri RI. Selanjutnya mata acara terakhir dilanjutkan dengan pengumuman pemenang dari lomba esai yang akhirnya dimenangkan oleh Bobby Hizkia dari Universitas Katolik Parahyangan, Malisa Ladini dari Universitas Semarang, dan Rina dari Universitas Muhamadyah Yogyakarta.