International Relations UNPAR for JMUN 2016

Pada tanggal 19-25 Juli 2016, Delegasi Universitas Katolik Parahyangan yang beranggotakan 16 mahasiswa Ilmu Hubungan Internasional berangkat mengikuti kompetisi Jakarta Model United Nations (JMUN) di Universitas Bakrie, Kuningan, Jakarta. JMUN merupakan Model United Nations (MUN) berskala internasional di Indonesia yang pertama kali diadakan di Jakarta. Kompetisi ini juga merupakan salah satu MUN paling bergengsi di Indonesia dan diselenggarakan oleh Indonesian Student Association for International Studies (ISAFIS), sebuah organisasi non-profit yang beranggotakan mahasiswa dari berbagai universitas dan berbagai jurusan di Indonesia.
Selayaknya Model United Nations lainnya, JMUN memberikan kesempatan untuk bernegosiasi dan berdiplomasi dengan orang lain dari berbagai belahan dunia. Selama mengikuti kompetisi JMUN, panitia juga menyediakan beberapa side events untuk para delegasi, seperti Gala Dinner, Cultural Night, Masquarade Night, dan awarding session. Dalam JMUN, peserta akan ditempatkan di suatu komite PBB dan bertindak selayaknya delegasi dari negara tertentu yang akan bernegosiasi, memberikan resolusi, serta memperjuangkan kepentingan negaranya di dalam simulasi sidang tersebut. Tidak hanya itu delegasi juga dituntut untuk mendalami mekanisme kerja suatu badan di bawah PBB agar tidak menyalahi mandat dari komite tersebut, dan tentunya memahami seluk-beluk materi yang menjadi topik utama komite selama jalannya sidang.
Delegasi Unpar diwakili oleh Antonius Reynaldo (Ketua Delegasi Unpar for JMUN 2016 – HI 2014), Timothy Ariel Wijaya (HI 2012), Ancilla Pramudita (HI 2013), Monica Donna
vina (HI 2013), Ali Syariati (HI 2014), Gugi Amouresna (HI 2014), Ivan Samuel (HI 2014), Loran Palseo (HI 2014), Nathaya Anandipa (HI 2014), Annisa Laksmintari (HI 2014), Zabrina Vicky (HI 2014), Michael Putra (HI 2014), Catharina Dheani (HI 2014), Jessica Andriani (HI 2015), Stefani Winarko (HI 2015), dan Naifa Rizani (HI 2015). Berkat latihan dan evaluasi yang rutin, dengan daya juang tinggi serta kegigihan selama lomba, hampir seluruh anggota delegasi Unpar berhasil menjadi sponsor dan mempresentasikan Draft Resolution komite masing-masing. Bahkan, beberapa penghargaan diterima oleh Delegasi HI UNPAR, antara lain Ancilla Pramudita (HI 2013) – Best Delegate in UNGASS, Timothy Ariel Wijaya (HI 2012) – Best Delegate in UNFCCC, Catharina Dheani (HI 2014) – Best Position Paper in HLPFSD.