INTERNATIONAL RELATIONS STUDY VISIT 2016 “The Agenda for Sustainable Development: Transforming Our World”

International Relations Study Visit merupakan salah satu program kerja tahunan yang diselenggarakan oleh Divisi Eksternal Himpunan Mahasiswa Program Studi Ilmu Hubungan Internasional bekerjasama dengan Program Studi Ilmu Hubungan Internasional, Universitas Katolik Parahyangan, pada tahun ini mengangkat tema “The Agenda for Sustainable Development: Transforming Our World.” Konsep acara ini yaitu memfasilitasi mahasiswa/i Hubungan Internasional tingkat dua dan tiga untuk melakukan kunjungan ke beberapa kedutaan, organisasi internasional dan regional, serta lembaga pemerintah Indonesia yang berlokasi di Jakarta.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memperluas wawasan mahasiswa/i mengenai fungsi, peran, dan aktivitas yang dilakukan oleh pihak kedutaan serta organisasi internasional dalam menghadapi isu-isu internasional yang sesuai dengan tema Study Visit serta kontribusi bagi Indonesia. Selain itu, mahasiswa juga mendapatkan pengalaman dan pengetahuan baru mengenai isu-isu internasional dari perspektif organisasi internasional, kedutaan, serta lembaga pemerintah. Diskusi interaktif antara mahasiswa/i dengan pihak organisasi internasional dan kedutaan tidak hanya dapat menambah informasi mengenai isu-isu internasional, tetapi juga menambah informasi mengenai cara kerja dan aktivitas lapangan yang dilakukan oleh pihak organisasi internasional, kedutaan, serta lembaga pemerintah. Melalui kegiatan ini, jurusan Hubungan Internasional UNPAR dapat memperluas jaringan dan menjalin hubungan baik dengan lembaga pemerintah, organisasi internasional, serta pihak kedutaan.

Pada Study Visit 2016, tiga bus yang terdiri dari 40 orang mahasiswa/i dan satu dosen pendamping, pada hari pertama mengunjungi kedutaan dan organisasi internasional yang berbeda-beda dan terpisah  sesuai spesifikasi topik tapi tetap pada satu naungan tema besar yang sama yaitu mengenai Sustainable Development Goals. Spesifikasi topik adalah mengenai gender, smart city dan climate action yang berdasarkan pada tujuan-tujuan yang tertera dalam 17 Agenda Pembangunan Berkelanjutan (17 SDGs) menurut Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Kemudian pada hari kedua ketiga bus tidak lagi terpisah tapi bersama-sama mengunjungi instansi pemerintah serta kementerian yang terkait dengan tema besar “The Agenda for Sustainable Development: Transforming Our World.” Kunjungan dalam Study Visit 2016 meliputi presentasi dan pemaparan topik dari institusi-institusi yang dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab terkait topik yang telah dipaparkan.

19 Oktober 2016

BUS A (Gender)

BUS B (Smart City)

BUS C (Climate Actions)

10.00 – 12.00

Kedutaan Besar Republik Prancis

Kedutaan Besar Singapura

Kedutaan Besar Jepang

14.00 – 16.00

UN Women

World Bank Indonesia

World Resources Institute Indonesia

20 Oktober 2016

BUS A, B, C

10.00 – 12.00

Balai Kota DKI Jakarta

14.00 – 16.00

Kementerian Luar Negeri RI