Academic and Professional Gathering 2016

Networking is more about ‘farming’ than ‘hunting’. It’s about cultivating relationships. Dr. Ivan Misner

Selain menjalankan aktivitas pengajaran, penelitian, dan pengabdian sebagai bagian dari Tridharma Perguruan Tinggi, Program Studi Hubungan Internasional UNPAR pun selalu berupaya untuk menjalin kerjasama dan networking dengan partner yang berasal dari berbagai kalangan, baik lembaga pendidikan, pemerintahan, maupun non-pemerintah. Upaya tersebut dituangkan dalam acara Academic and Professional Gathering yang diadakan pada Kamis, 27 Oktober 2016, bertempat di Hotel Mercure, Bandung.

Dihadiri sekitar 50 partner yang berasal dari berbagai kalangan, seperti Kementrian Luar Negeri Indonesia, IOM, ICRC, TU Dortmund, Ewha Univerity, Save the Children, dan Fablab, acara ini dibuka oleh sambutan dari Rektor UNPAR, Mangadar Situmorang, Ph.D. Lalu, sebagai puncak acara, Sylvia Yazid, Ph.D (Ketua Program Studi Hubungan Internasional) menandatangani Memorandum of Agreement (MoA) dengan Trade Union Rights Centre (TURC) yang diwakili oleh Andriko Otang (Executive Director). Dengan penandatanganan tersebut, Prodi dan TURC sepakat untuk bekerjasama dengan menyelenggarakan kuliah umum, penerimaan kerja praktik dan magang, diskusi, seminar, workshop, pelatihan, penelitian, pengabdian masyarakat, pertukaran data dan informasi, peer review untuk penulisan laporan penelitian, serta akses perpustakaan.

Kemudian, dilanjutkan dengan perkenalan dari Program Studi Hubungan Internasional UNPAR oleh Sylvia Yazid, Ph.D (Ketua Program Studi), Magister Hubungan Internasional oleh Yulius Purwadi Hermawan, Ph.D (Wakil Dekan 1 FISIP UNPAR), Parahyangan Centre for International Studies (PACIS) oleh Elisabeth Dewi, Ph.D (Kepala PACIS), dan Parahyangan Centre for European Studies (PACES) oleh Prof. Bob Sugeng Hadiwinata, Ph.D (Kepala PACES).

Setelah itu, diskusi dilanjutkan  hingga acara berakhir. Beberapa potential partners yang hadir pun menyatakan kesediaannya untuk menjalin kerjasama dengan Prodi, salah satunya dengan menerima mahasiswa magang dan penelitian bersama.