All Out Journalism 2017: Harmonizing Diversity

Digelar di ruang audio-visual Fisip Unpar, Mgr. Geisse Lecture Theater, All Out Journalism (AOJ) 2017 merupakan serangkaian kegiatan yang berfokus untuk memperdalam minat dan bakat mahasiswa terutama di bidang jurnalistik. Setelah mengadakan lomba esai dan video citizen journalism dengan tema ‘Menyikapi Pluralisme di Kalangan Mahasiswa’. Lomba ini diadakan secara terbuka bagi seluruh mahasiswa di Pulau Jawa, yang pendaftarnya kemudian disaring menjadi sejumlah finalis terpilih. Finalis terpilih dari kedua lomba tersebut diundang ke Unpar untuk mempresentasikan karyanya demi merebut gelar juara. Pada hari Jumat (24/11), AOJ 2017 mengadakan puncak acara yang terdiri atas talkshow dan workshop serta pengumuman juara lomba.

Pada tahun ini, baik mata acara lomba esai, lomba video, talkshow maupun workshop mengusung tema Harmonizing Diversity dengan tagar #PluralitasTanpaBatas. Tema ini dipilih karena sangat cocok dalam memotret realita kehidupan di Indonesia yang sarat akan kemajemukan. Melalui acara ini, diharapkan para peserta kegiatan dapat lebih memahami bagaimana seharusnya media dan jurnalis menyikapi pluralitas yang ada di Indonesia. Untuk itu, talkshow diisi dengan tema bagaimana media berperan dalam menyikapi pluralitas. Mata acara talkshow diisi oleh Usman Kansong, selaku Direktur Pemberitaan Harian Media Indonesia dan Pangeran Siahaan sebagai pembawa acara berita sekaligus jurnalis muda.

Kemudian untuk mata acara workshop, Daniar Achri. Beliau hadir sebagai pembawa acara berita dari CNN Indonesia. Beliau membawakan sesi interaktif dengan peserta dan membahas bagaimana media mengemas dan menyampaikan berita dengan unsur SARA di dalamnya. Tidak hanya itu, Daniar sekaligus membahas bagaimana media memposisikan diri dalam menyebarluaskan informasi tersebut. Pada sesi ini juga diperkenalkan bagaimana proses sebuah berita dibuat, mulai dari pengumpulan informasi, pengkajian informasi langsung di tempat kejadian hingga akhirnya informasi tersebut diberitakan. Pada akhir acara diumumkan pemenang lomba yang berasal dari sejumlah universitas di Pulau Jawa. Juara lomba esai dimenangkan oleh Abdi Rafi Akmal (Universitas Brawijaya), Stefanie Winarko (Universitas Katolik Parahyangan) dan Jacko Ryan (Universitas Airlangga). Sementara lomba video citizen journalism dimenangkan oleh tim Anita Matania (Universitas Bina Nusantara). (AOJ2017/WH)