Pemimpin Muda dalam Demokrasi

Kondisi Indonesia yang tengah diramaikan dengan persiapan pesta demokrasi tentunya melibatkan peran serta Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai lembaga yang memprakarsai pemilu (Pemilu) di Indonesia. Masyarakat pun diajak untuk turut berpartisipasi dalam pemilu. Memberikan hak suara untuk memilih kepala daerah yang akan melanjutkan kepemimpinan.

Terbatasnya akses informasi mengenai pemilu di tingkat daerah membuat timpangnya angka partisipasi di sejumlah wilayah terpencil di Indonesia. Terlebih, banyaknya kabar yang beredar tentang adanya penyalahgunaan SARA yang membuat situasi semakin keruh.

Untuk itu, sosialisasi yang tepat mengenai pemilu perlu dilakukan agar masyarakat paham akan penyelenggaraan pemilu yang semestinya. Tak terkecuali Pemerintah Provinsi Jawa Barat, yang tidak lama lagi akan menyelenggarakan pemilu untuk memilih gubernur dan wakil gubernur. Hal inilah yang melatarbelakangi pentingnya kegiatan seminar bertajuk “Rock the Vote, yang menjadi salah satu wujud nyata untuk meningkatkan awareness dan partisipasi generasi muda akan pentingnya pemilu.

Program “Rock the Vote diadakan KPU bekerjasama dengan dengan CEPP-FISIP UI. Kali ini, seminar diadakan di Universitas Katolik Parahyangan (Unpar), Kamis (26/4). Narasumber seminar yang berbagi materi maupun pengalaman terkait, diantaranya Dr. Pius Sugeng Prasetyo (Dosen Unpar); Stanislaus Risadi Apresian S.IP., M.A (Dosen Unpar); Dr. Yayat Hidayat (KPU); dan Dr. Abdul Aziz S R (CEPP-UI).

Adapun, agenda seminar mencakup penyampaian materi mengenai pemilu, hingga simulasi pemilu. Acara ini diharapkan mampu memberikan wawasan kepada calon pemilih muda agar berpartisipasi aktif dan memberikan hak suaranya pada pemilu mendatang. Selain itu, diharapkan kegiatan ini dapat meningkatkan awareness akan nilai-nilai demokrasi maupun politik di Indonesia.

“Apa yang diharapkan dari acara ini adalah meningkatnya kesadaran para mahasiswa yang disebut sebagai para pemilih muda untuk berpartisipasi dalam pemilihan gubernur. Dalam konteks Pilkada Jawa Barat 2018,” ungkap Dr.phil Aknolt Kristian Pakpahan ketua pelaksana yang juga merupakan Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan FISIP Unpar.