Agatha Lidya, Pemenang Duta Bahasa Nasional 2018

Satu lagi prestasi yang diraih oleh mahasiswi hubungan internasional UNPAR. Sebelumnya dari alumni Alya Nurshabrina yang meraih gelar Miss Indonesia 2018, kini giliran Agatha Lydia Natania yang meraih gelar Duta Bahasa Nasional 2018. Agatha sendiri merupakan mahasiswi hubungan internasional Universitas Katolik Parahyangan angkatan 2014 yang baru saja menyelesaikan skripsinya di kampus.

.

Agatha dinobatkan sebagai juara pertama Duta Bahasa Nasional 2018 pada Jumat 17 Agustus 2018. Acara Duta Bahasa Nasional ini diinisasi oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Sebelum mencapai tahap final menjadi Duta Bahasa, dia sudah mengikuti tahap pemilihan yang ketat. Peserta yang berhasil masuk seleksi tingkat nasional diberikan pembekalan tentang pentingnya peran duta bahasa dalam era globalisasi, pembinaan Ideologi Pancasila bagi generasi muda, dan kebijakan kebahasaan dan kesastraan.

.
Aghata sendiri merasa Duta Bahasa memiliki tugas untuk mengembalikan dan mengajak para kaum muda agar selalu menggunakan bahasa Indonesia, tetapi juga menguasai bahasa asing, dan melestarikan bahasa daerah. “Penggunaan bahasa Indonesia harus baik dan benar tanpa mencampuradukkan dengan bahasa asing,” tutur Agatha. Agatha dan Nursidik, pasangannya dalam ajang ini, telah memiliki program yang disebut ‘Cempiang Bahasa’ yang berarti jagoan bahasa. Tidak hanya berfokus pada pelestarian bahasa, mereka ingin ikut berkontribusi juga dalam pelestarian kebudayaan yang ada di daerahnya maupun di Indonesia.

.

Sumber:
https://itjen.kemdikbud.go.id/public/post/detail/wakil-provinsi-jawa-barat-terpilih-sebagai-duta-bahasa-nasional-tahun-2018

https://www.republika.co.id/berita/nasional/daerah/18/08/19/pdpmp5327-perwakilan-jawa-barat-jadi-duta-bahasa-nasional-2018

http://www.tribunnews.com/nasional/2018/08/19/wakil-provinsi-jawa-barat-jadi-duta-bahasa-nasional-tahun-2018