Mahasiswa Unpar Meraih Penghargaan di Kompetisi Debat Inggris (BEF Novice Trophy 2018)

Lima penghargaan kembali diraih oleh mahasiswa Universitas Katolik Parahyangan (Unpar). Pada 8-9 Desember lalu, empat tim debat Unpar berlomba di BEF Novice Trophy 2018, yaitu kompetisi debat Bahasa Inggris bagi mahasiswa. Perlombaan yang diselenggarakan oleh Politeknik Negeri Bandung ini, berkolaborasi dengan Bandung English Forum (BEF) dan diikuti oleh beberapa universitas di Jawa Barat.

Dalam perlombaan tersebut, dua mahasiswi Unpar berkesempatan menjadi adjudicator atau juri, yaitu Cindy Irawan (HI 2016) dan Tertia Aurelie (TI 2014). Menurut Cindy, tujuan utama dari lomba ini adalah untuk memperkenalkan debating circuit, terutama untuk mahasiswa yang sebelumnya belum pernah mengikuti lomba debat tingkat nasional atau yang belum memahami tentang debat itu sendiri.

Dengan mengikuti lomba debat, mahasiswa bisa belajar untuk berpikir lebih kritis tentang banyak hal, dan juga bisa belajar untuk berpikir lebih logis tentang berbagai topik yang diberikan. Keempat tim debat dari Unpar berhasil lolos ke babak semifinal, namun hanya tiga tim yang masuk ke babak final.

Adapun mahasiswa yang berhasil mendapatkan penghargaan yakni, Juara 1: Jonathan Prasetyo (Matematika 16) dan Aurelia (HI 18), First Runner Up: Archangela Rachel (HI 18) dan Valencia (HI 18), Third Runner Up: Aloysius Efraim (HI 17) dan Reiva Areta (HI 18). First Best Speaker: Jonathan Prasetyo (Matematika 16), Third Best Speaker: Archangela Rachel (HI 18) dan Valencia (HI 18).