Mempersiapkan Bangsa Menyongsong Indonesia 2045

Ikatan Alumni Program Studi Ilmu Hubungan Internasional Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) menyelenggarakan kegiatan Diskusi Nasional HI Connect – Insights bertajuk “Indonesia 2045: Berdaulat, Maju, dan Berpengaruh pada Tataran Global”

Diskusi yang dihadiri oleh lebih dari 500 peserta dari berbagai kalangan seperti mahasiswa, akademisi, serta masyarakat umum ini diselenggarakan di Gedung Merdeka pada Jumat (5/4). Diskusi dihadiri pula oleh Rektor Unpar Mangadar Situmorang Ph.D., Rektor UIN Sunan Gunung Djati Prof. Mahmud, Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Unpar Dr. Pius Sugeng, juga tokoh masyarakat Kota Bandung.

Sebelum kegiatan diskusi dimulai, Sylvia Yazid Ph.D. (Alumni HI Unpar 1994) yang juga Ketua Program Studi HI Unpar dan Sisi Soeratman (Alumni 1989) selaku moderator diskusi membahas hasil survei berkaitan dengan topik diskusi. Survei yang diisi oleh para peserta diskusi ini melihat pandangan para peserta terkait problem kebangsaan dan persiapan Indonesia menghadapi perubahan di masa mendatang. Meski ditanggapi beragam, mayoritas peserta diskusi optimis Indonesia siap untuk menjadi bangsa yang makin berdaulat dalam dunia global.

Optimisme generasi muda

Acara dibuka dengan Keynote Speech oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman RI, Luhut Binsar Pandjaitan. Menteri Luhut memberikan pesan khususnya kepada generasi muda untuk optimis, tetap memelihara Indonesia lewat sikap dan perbuatan yang konstruktif. Bersama dengan Rektor Unpar dan perwakilan Alumni, ia membuka acara dengan menggoyangkan angklung yang disambut tepuk tangan dari hadirin.

Diskusi Nasional kali ini mengundang berbagai narasumber dari beragam latar belakang, membahas masalah kebangsaan secara menyeluruh. Diskusi terbagi dalam dua sesi. Sesi pertama bertema Pancasila, Geopolitik dan Keamanan, Leadership dan Human Capital yang diisi oleh Walikota Bogor Bima Arya, Rene Pattiradjawane dari EastWest Institute, serta Direktur 1 Eropa Kementerian Luar Negeri Dino Kusnadi.

Diskusi sesi kedua diawali Keynote Speech oleh Ketua Dewan Komisioner OJK Dr. Wimboh Santoso serta Deputi Polhukhankam BAPPENAS Slamet Soedarsono, Diskusi kedua yang bertema Ekonomi, Perdagangan dan Pembangunan diisi oleh tiga narasumber, yaitu Dr. Solikin M. Juhro (Rektor Bank Indonesia Institute), Rosan Roeslani (Ketua Umum KADIN Indonesia) dan Rino Donosepotro (CEO Standard Chartered)

Penyelenggaraan HI Connect – Insights perdana ini mendapat sambutan yang positif baik dari narasumber maupun peserta. Diharapkan, kegiatan ini dapat diselenggarakan secara berkelanjutan di masa mendatang.