Meet the Alumni 2019: The Next Generation

Divisi Hubungan Masyarakat Himpunan Program Studi Ilmu Hubungan Internasional Universitas Katolik Parahyangan (HMPSIHI Unpar) kembali menggelar acara tahunannya bertajuk Meet the Alumni (MTA) 2019. Bertempat di Ruang Mgr. Geise Lecture Theatre, Gedung 3 FISIP Unpar, MTA merupakan sebuah acara yang berperan sebagai penghubung antara mahasiswa dan alumni HI Unpar.

Pada tahun 2019, MTA dibagi menjadi empat rangkaian acara dalam empat hari yang berbeda, yaitu pada Selasa-Rabu 23-24 April, dilanjutkan pada Senin 29 April, dan Kamis 2 Mei 2019. Dalam acaranya, MTA mengundang alumni dari ranah pekerjaan yang berbeda-beda yaitu dari ranah Non-Governmental Organization (NGO), ranah kreatif, kementerian luar negeri, serta dari ranah bisnis atau MNC.

Tujuan dilaksanakannya MTA adalah selain untuk membuka jalur antara mahasiswa dan alumni, juga agar mahasiswa bisa mendapatkan informasi atau insight tentang gambaran pekerjaan di bidang Hubungan Internasional nantinya. Pada tahun ini, MTA mengangkat tema bertajuk The Next Generation.

“Sekarang mahasiswa bisa akses mengenai informasi dengan gampang, MTA sekarang bentuknya lebih santai dan sharing mengenai info-info yang tidak bisa mahasiswa dapatkan dari internet. Misalnya, tentang info-info atau pengalaman kerja dan membahas topik yang ada di ranah tersebut,” tutur Nandita Tiara ketua pelaksana MTA 2019, saat ditanyakan mengenai tema yang diangkat pada tahun ini.

Di akhir wawancara, Nandita berharap agar mahasiswa HI bisa lebih mengenal para alumni, “Bukan hanya tau dia kerja dimana, tapi dapat output untuk dirinya sendiri, (seperti misalnya) setelah lulus fresh graduate harus gimana,” tutup Nandita.

Adapun beberapa narasumber antara lain; dari bidang NGO yaitu Emeralda Aisha, S.IP (HI 2012, Area Communication Save the Children) dan Patti Rahmi Rahayu, S.IP (HI 1994, Grant Coordinator for Dedicated Grants Mechanism for Indonesia). Sedangkan dari bidang kreatif antara lain Gupta Sitorus S.IP (HI 1996, Principal of Sandpiper Indonesia), dan Valentinus Marchelle, S.IP (HI 2015, Creative Associate of J. Walter Thompson).