Politik dan Keamanan (KBI 1)

Kelompok Bidang Ilmu Politik dan Keamanan Internasional, merupakan salah satu kelompok bidang ilmu yang ditawarkan oleh Program Studi Ilmu Hubungan Internasional, Universitas Katolik Parahyangan. Kelompok bidang ilmu ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengembangkan keahlian, pengetahuan, dan keilmuan mereka dalam isu-isu yang terkait dengan politik dan keamanan internasional.

Dalam kelompok bidang ilmu ini mahasiswa akan diajak untuk memahami mengenai dinamika politik internasional yang pada intinya mempelajari “siapa mendapatkan apa dan bagaimana?” dalam sistem internasional yang bersifat anarki. Mahasiswa juga diharapkan dapat memahami seputar ancaman yang dihadapi oleh setiap aktor dalam hubungan internasional baik Negara maupun non-negara dan upaya mereka untuk terbebas dari segala rasa takut. Selain itu, mahasiswa juga dapat mempelajari usaha suatu Negara dalam mempergunakan kekuatan/kapabilitas militernya untuk dapat mewujudkan tujuan nasionalnya. Mahasiswa juga diajak untuk memahami bagaimana proses perumusan kebijakan luar negeri suatu Negara. Selanjutnya mahasiswa juga diajak untuk memahami mekanisme-mekanisme yang ada dalam menyelesaikan konflik dalam kancah hubungan internasional.

Tujuan Khusus Kelompok Bidang Ilmu Politik dan Keamanan Internasional:

Mampu memahami, menganalisis dan membantu penyelesaian masalah serta ancaman yang dihadapi oleh aktor negara, dengan cara berfikir rasional, strategis dan sesuai pola pembuatan kebijakan yang memaksimalisasi pemenuhan kepentingan negara dan meminimalisasi kerugian negara, yang juga meliputi penyelesaian konflik secara damai.

Mata Kuliah Terkait:

Studi Keamanan (Wajib, 3 SKS, Semester III),

Politik Luar Negeri (Wajib, 3 SKS, Semester IV),

Kajian Strategis (Pilihan, 3 SKS, Semester IV),

Islam dan Politik Global (Pilihan, 3 SKS, Semester IV),

Politik Internasional (Wajib, 3 SKS, Semester V),

Politik Pertahanan Indonesia (Pilihan, 3 SKS, Semester V),

Terorisme Internasional (Pilihan 2 SKS, Semester V),

Resolusi Konflik (Wajib, 3 SKS, Semester VI),

Politik Global Amerika Serikat (Wajib, 3 SKS, Semester VI).