BCIS – Effective Government in Tackling Health Issue as Global Discourse

HI UNPAR memiliki keunikan dalam mengembangkan minat dan bakat para mahasiswanya. Tidak hanya melalui himpunan mahasiswanya yaitu HMPSIHI namun juga HI UNPAR memiliki berbagai Organisasi Internal yang memiliki fokus yang berbeda untuk wadah para mahasiswa/i mengembangkan potensi dirinya. Salah satu Organisasi Internal tersebut adalah KSMPMI. KSMPMI berfungsi untuk menjadi sarana pengembangan minat dan bakat mahasiswa/i HI dalam menyebarkan pengetahuan dan informasi terkait isu internasional, menjadi wadah diskusi yang kooperatif, dengan memaksimalkan teknologi untuk mendukung proses edukasi yang lebih menyenangkan. 

Bandung Conference for International Relations Scholars atau BCIS merupakan salah satu program kerja yang dimiliki oleh KSMPMI. Program kerja tersebut meliputi beberapa kegiatan yang diantaranya adalah webinar serta talkshow dan lomba karya tulis ilmiah serta lomba membuat rekomendasi kebijakan. Rangakaian acara menarik dimulai dengan pra-event bincang-bincang bersama Anjari Umarijiyanto yang merupakan Ketua Kompartemen Public Relations dan Marketing PERSI mengenai Benar atau Tidak Benar: Membongkar Kebenaran dan Realitas Pahit Tenaga Medis Selama COVID-19 pada 29 Oktober 2020. Bincang-bincang lewat live Instagram tersebut membahas tentang fakta dan hoax mengenai COVID-19.

Mata acara utama yaitu webinar dilaksanakan pada tanggal 5 Desember 2020 dimana didalamnya terdapat 3 pembicara yang hebat, yaitu Edbert Gani yang merupakan peneliti di Centre for Strategis and International Studies (CSIS), Ignatius Randy yang menjabat sebagai Foreign Service Officer at Permanent Mission of the Republic of Indonesia untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa di New York, dan dr. Tony Setiobudi  sebagai Medical Director at Spring Hope Orthopaedic Spine Surgery di Rumah Sakit Singapura Mount Elizabeth. Acara tersebut bertema Pergeseran Keamanan di Era Modern: Tata Kelola yang Efektif dalam Menanggulangi Isu Kesehatan Sebagai Wacana Global. Diskusi dan talkshow membicarakan tentang upaya pemerintah Indonesia dalam menanggulangi Pandemi COVID-19 baik dengan kerjasama multilateral maupun kebijakan negara Indonesia itu sendiri. 

#BCIS
#HMPSIHIMelangkah
#HIUNPAR

X