Studi Banding

Hingga saat ini, pandemi COVID-19 belum menampakan tanda-tanda berakhir. Akan tetapi, hal tersebut tidak menghalangi divisi Penelitian dan Pengembangan untuk terus berproses pada himpunan. Sesuai tugasnya yaitu untuk mengembangkan internal HMPSIHI ke arah lebih baik, mereka pun mengadakan studi banding dengan universitas lainnya yang memiliki ekuivalensi dalam struktur organisasi. Fungsional ini sudah dijalankan dari periode-periode sebelumnya dengan ambisi dapat mengembangkan kinerja HMPSIHI kedepannya. Tidak hanya itu, dengan diadakannya studi banding, diharapkan HMPSIHI dapat melakukan kerjasama serta kolaborasi dengan universitas-universitas lainnya. Pada dasarnya, studi banding memiliki tujuan untuk menjadi salah satu benchmark dalam rangka mengevaluasi kinerja HMPSIHI sebagai organisasi kemahasiswaan.

Pada saat ini, studi banding HMPSIHI sudah dilaksanakan sebanyak 2 kali yaitu dengan Korps Mahasiswa Ilmu Hubungan Internasional (KOMAHI) Universitas Gajah Mada pada 08 Mei 2021 dan KOMAHI Universitas Muhammadiyah Yogyakarta pada 09 Juli 2021. Kegiatan tersebut diawali dengan kata sambutan dari masing-masing ketua himpunan, dilanjutkan dengan memperkenalkan masing-masing struktur organisasi, kemudian sesi tanya jawab, dan diakhiri dengan kata penutup. Adapun pada saat sesi tanya jawab, terdapat diskusi untuk berbagi pengalaman dan program kerja serta sistem yang berlaku dalam masing-masing struktur. Situasi tersebut membangun sebuah interaksi yang positif sehingga dapat memberikan insight terhadap masalah atau kendala yang sedang dihadapi pada masing-masing himpunan.

Feedback dari kedua universitas tersebut pun dirasa cukup baik karena dianggap sebagai sharing knowledge. Akan tetapi karena dilaksanakan secara daring, proses studi banding yang dijalankan masih memiliki beberapa kendala terkhusus pada platform yang digunakan kurang dari kapasitas peserta serta durasi yang tidak sesuai dengan rundown. Selain itu, dengan diadakannya studi banding terdapat wadah untuk bersilaturahmi sesama himpunan. Secara keseluruhan, studi banding yang dilaksanakan memberikan hasil yang positif dari kedua belah pihak karena masing-masing himpunan mendapatkan informasi yang belum pernah diketahui sehingga dapat dijadikan batu loncatan untuk periode selanjutnya agar dapat dipersiapkan lebih baik lagi. 

#HMPSIHIMelangkah
#HIUNPAR