Sapta Dwikardana

Drs (Universitas Padjadjaran) M.Si (Universitas Indonesia) Ph.D (Katholieke Universiteit Leuven, Belgium)

EVN_2080Setelah lulus Sarjana Hubungan Internasional dari Universitas Padjadjaran (1986), memulai karier sebagai dosen pada jurusan Ilmu Hubungan Internasional UNPAR pada tahun 1988 sebagai asisten Prof. DR. Hofsteede, OFM, mengampu mata kuliah antara lain: Perubahan Sosial, Pengantar Ilmu Politik, Perbandingan Sistem Politik. Menjabat sebagai Sekretaris Jurusan Hubungan Internasional (1990) sebelum melanjutkan studi Magister dalam bidang Ilmu Administrasi di Program Pasca Sarjana Universitas Indonesia, dengan tesis: Efektivitas Pelaksanaan Sistem Hubungan Industrial Pancasila di Indonesia: Studi Kasus di Indofood dan Unilever (1994). Mendapat tanggung jawab sebagai Pembantu Dekan bidang Akademik (1994/1995) sebelum melanjutkan studi doktoral dengan mengambil spesialisasi dalam bidang Arbeid -en Bedrijft Sosiologie (Sociology of Work and Organization) di Katholieke Universiteit Leuven-Belgium, dengan disertasi “The Political Economy of Development and Industrial Relations in Indonesia under the New Order Government”.

Kembali ke Indonesia (2000/2001), mengampu mata kuliah Ekonomi-Politik Pembangunan pada jurusan Ilmu Hubungan Internasional, dan mata kuliah Hubungan Industrial, dan Tawar Menawar Kolektif pada Program MM Pasca Sarjana UNPAR. Pada tahun 2001/2003, bekerja paruh waktu sebagai National Adviser dalam program Partnership for Governance Reform –UNDP. Berperan sebagai Co-Team Leader (2003/2009) dan Senior Adviser (2009/2012), membantu Pemerintah Indonesia dalam pengelolaan proyek berbantuan Asian Development Bank (ADB) Sustainable Capacity Building for Decentralization (SCBD), yang dirancang untuk program percontohan lintas-sektoral dalam bidang peningkatan kapasitas kelembagaan pemerintah daerah di 37 kabupaten/kota dan 7 provinsi. Pada tahun 2013 membantu Kementerian Dalam Negeri, sebagai Team Leader, dalam pembangunan Sistem Informasi berbasis web: e-Evaluasi Kinerja Pelaksanaan Pemerintahan Daerah (EKPPD). E-EKPPD adalah suatu proses pengumpulan dan analisis data secara sistematis dengan menggunakan sistem pengukuran kinerja untuk mengukur, menilai, dan membandingkan secara sistematis dan berkesinambungan atas kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah seluruh Indonesia.

Sejumlah penelitian telah dilakukan, melintas dari bidang administrasi/manajemen sampai dengan politik, antara lain: Survey dan Pengembangan Sistem Penilaian Profil Aparatur Pemerintahan Daerah dan Kesesuaian dengan Perilaku Jabatan; Studi Kualitatif Nilai Budaya Organisasi PLN dalam Pencapaian World Class Company; Survey dan Pengembangan Sistem Pengelolaan SDM Terintegrasi pada sektor Otomotif, Rumah Sakit, Pendidikan Luar Sekolah, dan Jasa

Beberapa publikasi telah diterbitkan, antara lain: Reformasi Kebijakan Pelayanan Publik dan Investasi di Kawasan Timur Indonesia: Suatu Saran Cetak Biru, Kementerian Percepatan Pembangunan Kawasan Indonesia Timur; Sistem dan Praktik Manajemen Pemda, mendukung Peningkatan Pelayanan Publik, Survey pada pemkot Parepare, Mataram dan Pemkab Sambas, Kementerian Percepatan Pembangunan Kawasan Indonesia Timur (Penerbit Kemitraan 1994); Practical Handbook of Graphology: Pedoman Praktis Membaca Karakter melalui Tulisan Tangan (Penerbit Kanisius, 2014).