Stanislaus Risadi Apresian

S.IP (Universitas Gadjah Mada) M.A (Universitas Gadjah Mada)

EVN_2179Stanislaus Risadi Apresian adalah dosen di Jurusan Ilmu Hubungan Internasional, Universitas Katholik Parahyangan. Mata kuliah yang diampunya saat ini antara lain Ekonomi Politik Internasional, Ekonomi Politik Pembangunan, Hukum Ekonomi Internasional, Hukum Internasional, dan Penulisan Akademik. Dia menyelesaikan studi S1 pada tahun 2010 di Jurusan Ilmu Hubungan Internasional, Universitas Gadjah Mada. Selanjutnya studi S2 diselesaikan pada tahun 2013 di Jurusan dan Universitas yang sama dengan tesis yang berjudul “Ketimpangan Pembangunan di ASEAN: Pengaruhnya Terhadap Proses Integrasi Ekonomi Kawasan Melalui Skema ASEAN Economic Community 2015”.

Studi mengenai kawasan Asia Tenggara merupakan salah satu fokus studinya. Ketertarikannya akan kawasan ini mendorongnya untuk mendirikan salah satu organisasi pemuda yang bernama ASEAN Youth Friendship Network (AYFN) pada 2010 yang aktif menjalankan program pertukaran budaya para pelajar di Asia Tenggara. Selain itu, dia juga memiliki minat topik dibidang studi Ekonomi Politik Internasional dan Politik Lingkungan. Apresian mempunyai beberapa pengalaman riset. Apresian pernah bekerja menjadi peneliti di Institute of International Studies, lembaga riset di bawah Jurusan Ilmu Hubungan Internasional UGM. Selain itu, Apresian pernah menjadi Short Term Consultant untuk penelitian World Bank tentang Perempuan Kepala Keluarga pada tahun 2016 dan pernah mendapat hibah penelitian dari British Academy untuk penelitian tentang The Design, Communication and Impact of Evidence-Based Forestry dengan tim peneliti dari University of Leeds, Universiti of Malaya dan Universitas Indonesia.

Selain mengajar, Apresian juga aktif menulis artikel jurnal, conference proceedings dan bab dalam buku. Beberapa publikasinya antara lain:

  • Teknologi Komunikasi dalam Promosi Pariwisata Indonesia. Bab dalam buku Komunikasi Internasional dalam Era Informasi dan Perubahan Sosial di Indonesia, 2017.
  • Menentukan Arah Kebijakan Ketenagakerjaan dalam Forum G20. Bab dalam buku Quickwins dan Strategi Indonesia di G20: Mewujudkan Kemandirian Ekonomi Dalam Konteks Ketidakpastian Global, 2016.
  • Arus Bebas Tenaga Kerja dalam Era Masyarakat Ekonomi ASEAN: Ancaman Bagi Indonesia? Indonesian Perspective, Volume 1 No. 2 (2016): 15 – 29.
  • Kerjasama Selatan-Selatan dan Triangular Sebagai Instrumen Peningkatan Peran Indonesia di Tingkat Global. Jurnal Ilmiah Hubungan Internasional, Volume XII No. 2 (2016): 189 – 203.
  • Foreign Direct Investment and Environmental Degradation: Does Pollution Haven Exist in Indonesia? Conference proceeding yang dipresentasikan pada International Conference on Social Politics, Yogyakarta, 26 – 28 Jan 2016.
  • Encouraging Transactions Towards ASEAN Security Community. Conference proceeding yang dipresentasikan pada International Conference on ASEAN Studies, Yogyakarta, 1 – 2 Oct 2014
  • Menuju Asean Economic Community 2015 dalam Kondisi Pembangunan Ekonomi yang Timpang. Jurnal Ilmiah Hubungan Internasional Volume 10 No. 1 (2014): 81 – 105.
  • ASEAN  Economic   Integration   2015:   ASEAN Economic Community and its Proble Multiversa Journal of International Studies, Volume 2, No. 2 (2012).