Mangadar Situmorang

Drs (Universitas Gadjah Mada), M.Si (Universitas Gadjah Mada), Ph.D (Curtin University, Australia)

Mangadar Situmorang merupakan dosen Jurusan Hubungan Internasional, Universitas Katolik Parahyangan (Unpar), Bandung, sejak 1989. Mangadar pernah menjabat sebagai Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Unpar periode 2012-2015. Beliau kemudian menjabat sebagai Rektor Universitas Katolik Parahyangan selama dua periode (2015-2023). Sebelumya, ia pernah ditugaskan sebagai Direktur PACIS (Parahyangan Center for International Studies) tahun 1995 dan 2009, Wakil Dekan bidang Kemahasiswaan periode 1998-2001 dan Bidang Akademik periode 2001-2002.

Mangadar menyelesaikan pendidikan sarjana di Jurusan Hubungan Internasional di Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta pada tahun 1988 dan kemudian menyelesaikan program Magister Ilmu Politik di universitas yang sama pada tahun 1994. Studi doktor dilanjutkan di Australia atas beasiswa AUSAid di Flinders University, SA selama satu tahun (2003) dan diselesaikan pada tahun 2007-2008 di Curtin University, WA. Pada 2004, ia berkesempatan untuk mengikuti research fellow dan internship di INCORE (International Conflict Research Institute), University of Ulster, Irlandia Utara, atas sponsor Chevening Award, British Council. Program Postdoctoral ditempuh di Asia Research Centre, Murdoch University, pada 2010 atas dukungan Endeavors Awards, Australia.

Mangadar sangat tertarik dengan isu-isu hubungan dan politik internasional yang erat kaitannya dengan isu-isu sosial dan politik domestik. Dalam Skripsi untuk menyelesaikan program Sarjana, misalnya, Mangadar memilih topik “Kemenangan Partai Konservatif Margarethe Tacher yang ditopang oleh kemenangan Inggris atas konflik Falkland/Malvinas dengan Argentina.” Sementara itu, pola dan dinamika rezim bantuan internasional menjadi topik thesis ketika menyelesaikan program Magister. Lebih lanjut, penelitian dan penulisan disertasi doktor adalah tentang “International Humanitarian Intervention in Intrastate Conflicts.” Studi kasusnya adalah Indonesia yang terkait dengan konflik di Timor Timur, Aceh dan Maluku. Terhadap tiga kasus konflik yang mengakibatkan tragedi kemanusiaan, masyarakat internasional menunjukkan sikap dan tindakan yang berbeda sebagai implementasi intervensi kemanusiaan. Disertasi doktoralnya telah dibukukan dan dipublikasi dengan judul “International Humanitarian Intervention in Intrastate Conflicts” (Giessen: Johannes-Hermann, 2009).

Selain mengajar dan melakukan riset tentang Resolusi Konflik, Organisasi Internasional, dan Politik Indonesia, Mangadar aktif menulis di jurnal akademik dan surat kabar serta menjadi anggota Asosiasi Ilmu Hubungan Internasional (AIHI), Community of East Asia Scholars (CEAS), dan Forum Akademisi untuk Papua Damai. Area ketertarikan risetnya adalah Peace and Conflict Studies, Humanitarian Intervention, Indonesian Politics dan Indonesia’s Foreign Policy.

Mangadar dapat dikontak melalui alamat email: mangadar@unpar.ac.id atau mangadarsitumorang@gmail.com.

X